Sejarah Sekolah Alam Indramayu

Bermula dari satu pandangan tentang perlunya  model pendidikan alternatif di Indramayu, maka pada Juni 2011 berkumpulah beberapa orang sahabat yang merupakan alumni Remaja Masjid Agung Indramayu angkatan tahun 90-an mendiskusikan gagasan pendirian sebuah sekolah. Gagasan tersebut disambut baik oleh Aas Syafrudin-saat ini sebagai Ketua Yayasan Cahaya Semesta Indramayu yang menaungi Sekolah Alam Indramayu  (alumni Sastra Arab IAIN Bandung sekarang UIN Bandung) yang sedang melakukan pembelian lahan di Blok Kepuh Jalan Gatot Subroto. Sehingga lokasi inilah yang menjadi lokasi Sekolah Alam Indramayu sampai saat ini. Gagasan ini banyak mendapat sambutan dan dukungan baik dari banyak kerabat lainnya.

Para inisiator mengharapkan lembaga pendidikan ini mampu mengintegrasikan pembelajaran dengan fitrah manusia-kodrat manusia, menjadikan lingkungan alam dan pengalaman langsung di alam sebagai sarana pembelajaran. Dengan mengembalikan pendidikan kepada fitrah maka pendidikan haruslah mampu memahami serta mengembangkan potensi bawaan manusia yang unik sebagaimana Allâh Subhanahu wa Ta’ala berikan. Dengan prinsip yang ada, maka lembaga ini diharapkan mampu menghargai keberagaman dan keunikan setiap individu, serta memfasilitasi perkembangan dan potensi anak sesuai dengan jalan hidup yang telah ditentukan oleh Allâh Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu, mengembalikan pendidikan kepada fitrah sangat cocok bagi orang tua yang mencari alternatif pendidikan holistik dan terintegrasi dengan alam serta nilai-nilai fitrah (agama).

Sekolah alam berbasis fitrah harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang menyeluruh dan menyenangkan, dengan memadukan unsur-unsur alam dan kegiatan praktik langsung untuk mengasah keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan seperti kebun sekolah, perkebunan, dan peternakan dapat menjadi bagian dari kurikulumnya. Pendidikan agama dan moral diharapkan menjadi salah satu fokus utama. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian yang kokoh, serta memperkuat koneksi manusia dengan Sang Pencipta melalui nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan.

Pilar Sekolah Alam Indramayu

Sebagai sebuah ekosistem pendidikan dari Tingkat Pra Sekolah sampai Tingkat Menengah, Sekolah Alam Indramayu memiliki nilai yang sama dan selalu diperjuangkan dalam setiap level pendidikan. Nilai ini dikenal sebagai Pilar Sekolah Alam Indramayu. 

Akhlakul Karimah

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu.

Keunggulan Akademik

Niscaya Allah akan meninggikan orang yang yang beriman di antara kamu dan orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Berkarakter Pemimpin

Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.

Berjiwa Entrepreneurship

Padahal, Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan terpercaya dan profesional sebagai mitra orang tua dalam pengasuhan untuk membentuk peradaban mulia (Pribadi Taat Penuh Manfaat)

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan mulai dari Pra Sekolah (RA), Tingkat Dasar (MI), sampai Tingkat Menengah (MTs) dengan berlandaskan Pendidikan Berbasis Fitrah; menerima serta menghargai keberagaman, dan menjadikan alam sebagai objek, ruang, media, dan bahan belajar

2. Menjadi mitra orang tua dalam pengasuhan untuk mengantarkan anak bertumbuh sesuai dengan fitrahnya mulai dari masa pra latih sampai aqil baligh

3. Memberikan Pelayanan Prima

4. Berupaya terus menerus meningkatkan akhlakul karimah, keunggulan akademik, berkarakter pemimpin, dan menumbuhkan jiwa entrepreneur

Profil Target Lulusan

Sekolah Alam Indramayu merupakan sebuah ekosistem pendidikan yang mengembalikan tujuan pendidikan pada tujuan penciptaan manusia, dari pendidikan Tingkat Pra Sekolah sampai Tingkat Menengah (masa pra latih-aqil baligh).

Akhlakul Karimah​

Keunggulan Akademik

Berkarakter Pemimpin

Berjiwa Entrepreneurship​